Banner Atas

Diskominfo Gelar Seminar Peningkatan Kapasitas Jurnalis

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Dinas Komunikasi  dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta menggelar seminar Peningkatan Kapasitas Jurnalis 2019 di Aula Janaka, Pemkab Purwakarta, Jumat (5/4).

Dalam pelaksanaannya, Diskominfo menggandeng Dewan Pers, PWI, dan sejumlah organisasi wartawan lainnya yakni Fokus JP, IWO, KJP, IJTI dan Forkowap.

Ketua Panitia Peningkatan Kapasitas Jurnalis 2019, Dicky Zulkifly mengatakan, kegiatan seminar ini dirangkai dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Purwakarta Tahun 2019 yang akan digelar dua hari, 6-7 April 2019 di Aula Disporaparbud. 

Selain puluhan pewarta di Purwakarta, panitia juga mengundang sejumlah perwakilan dari organisasi kemahasiswaan, yang konsens di dunia jurnalistik.

 “Pers Mahasiswa juga kita undang. Baik dari BEM maupun dari organisasi ekstra kampus,” ujar Dicky.

Plt Kepala Diskominfo Purwakarta Siti Ida Hamidah yang mewakili Bupati Purwakarta mengatakan, peran strategis wartawan harus diimbangi juga dengan peningkatan kapasitas para jurnalis tersebut.

 “Tak hanya sekadar mitra kerja, bagi jajaran Diskominfo Purwakarta, wartawan adalah sahabat. Sahabat yang bersama-sama memberikan informasi yang baik dan benar untuk masyarakat,” kata Ida.

 Ida berharap uji kompetensi dan peningkatan kapasitas wartawan di Purwakarta bisa sejalan dengan peningkatan kualitas informasi yang dihasilkan.

 “Harus dipastikan, ke depan di Purwakarta tidak ada berita hoax lagi. Kode etik jurnalistik hendaknya menjadi patokan para insan pers dalam melaksanakan tugasnya,” tuturnya.

Seminar dilanjutkan dengan diskusi bersama sejumlah narasumber diantaranya Ketua Bidang Pendidikan Persatuan PWI Jawa Barat Yus Hermansyah, Ketua Bidang Advokasi PWI Jawa Barat, Agus Dinar dan Ketua PWI Purwakarta Asep Yadi Sobana.

Di tempat terpisah, Pimpinan Redaksi purwasukanews.com Tatang Budimansyah menyambut baik langkah Diskominfo. Dikatakannya, Seminar Peningkatan Kapasitas Jurnalis sangat penting bagi para jurnalis.

“Dari acara tersebut kita akan mendapat pencerahan. Hasil akhirnya, akan lahir para jurnalis Purwakarta yang berkualitas.

Ikhwal diselenggarakannya Uji Kompetensi Wartawan (UKW), kata Tatang, ini merupakan kesempatan besar bagi para wartawan Purwakarta yang belum mengikutinya.

Pada sisi lain, dia juga berharap dalam pelaksanaannya, Dewan Pers sebagai tim penguji harus obyektif  dalam memberikan penilaian.

“UKW bukan sekadar acara seremonial. Dewan Pers harus benar-benar obyektif. Beri penilaian sesuai kemampuan para wartawan yang diujinya,” ujar Tatang.(dik/bes)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
STIA LAN Memerdekakan Orang Jalanan https://t.co/sxYeBNNjWV
PurwasukaNews.com
Saepul Rosad Nugraha: “Saya Siap Jadi Pelakor!” https://t.co/FRZLZ97GcF
Follow PurwasukaNews.com on Twitter