Banner Atas

3.000 Ton Manggis Purwakarta Diboyong ke China

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Sebanyak 3.010 ton manggis asal Purwakarta diekspor ke China dan sejumlah negara asia lainnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro secara simbolik melepas komoditi unggulan Purwakarta tersebut di Tajug Gede Cilodong, Bungursari, Purwakarta, Rabu (27/2).

Manggis merupakan salah satu komoditi unggulan Indonesia yang diekspor. Buah tersebut biasa diekspor ke Tiongkok, Taiwan, Singapura, Thailand, Vietnam, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Qatar dan Amerika. Kuantitas ekspor mengalami peningkatan setiap tahun. 

"Dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pada 2013 hanya 7 ribu ton. Sedangkan pada 2018 mencapai 39 ribu ton. Meningkat sekitar 400 persen.  Jawa Barat menyumbang pasokan manggis sebanyak 40 persen, diantaranya dari Purwakarta, Subang, Sukabumi dan Tasikmalaya," ungkap Syukur.

Peningkatan tersebut tidak lepas dari program pemerintah yang terus meningkatkan lahan, serta pemberian bibit manggis berkualitas dari badan Litbang serta Dirjen Holtikultura. Pemerintah menargetkan ekspor manggis bisa melebihi Thailand.

"Kita siapkan 3.500 bibit pohon manggis unggulan. Target kita menjadikan kebun manggis menjadi hutan manggis, agar kuantitas melebihi Thailand," ungkap dia.

Ekspor manggis dari Purwakarta terus mengalami peningkatan, terlebih dalam dua tahun terakhir. Komoditas manggis tersebar di Kecamatan Wanayasa, Pondoksalam, Kiarapedes, Bojong dan Darangdan yang digarap sekitar 2.500 petani.

Salah satu eksportir dari PT. Andalas Fiddini Agrotama, menuturkan bahwa Purwakarta merupakan penghasil manggis berkualitas.

"Manggis Purwakarta memiliki ciri khas tersendiri yaitu dalamnya bersih. Kami mudah memasarkannya," ujar Presiden Direktur PT. Andalas, Ahamd Fauzan.

Untuk awal tahun saja, pihaknya sudah dua kali mengekspor manggis Purwakarta ke China, “Orang China sangat menggemarinya,” imbuh dia.(dik)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Antara Baraya dan Rumah-rumah Reyot https://t.co/LhXsFxjBBi
PurwasukaNews.com
Empat Begal Beraksi di Cikopak, satu Ditembak https://t.co/eRQyjj4NJL
Follow PurwasukaNews.com on Twitter