Banner Atas

Komisi IV Desak Eksekutif Optimalkan PAD dari Sektor Pariwisata

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Komisi IV DPRD Purwakarta mendesak lembaga eksekutif agar lebih meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor-soktor yang dianggap potensial. Sektor Pariwisata dianggap paling memungkinkan untuk upaya peningkatan PAD tersebut.

Selain sektor pariwisata, pendapatan dari sektor pajak harus dimaksimalkan. Diperlukan uji petik agar pemasukan pajak bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Ketua Komisi IV Komarudin menegaskan, saat ini Pemkab Purwakarta tengah gencar menggenjot sektor pariwisata, “Maka dari sektor ini diharapkan PAD akan mengalami peningkatan,” kata Komarudin, Jumat, 21/12).

Untuk peningkatan pendapatan dari sektor pariwisata, Purwakarta bisa mencontoh Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Dikatakan Komarudin, dengan PAD yang tinggi, Kabupaten Badung mampu mengangkat kesejahteraaan masyarakatnya.

“Di Badung, semua warga yang ingin mengambil BPJS kelas 3, preminya dibayar oleh pemkab setempat,” terang Komarudin. Selain itu, kata dia, warga yang berusia 70 tahun ke atas, mendapat uang tunjangan dari pemkab sebesar Rp 1 juta setiap bulan.

Di sektor pendidikan, Kabupaten Badung menggratiskan pakaian seragam siswa SD dan SMP, “Dan setiap murid menerima satu unit laptop,” katanya.

Jika Purwakarta mampu meningkatkan PAD-nya secara signifikan, Komarudin optimistis kabupaten ini mampu mengikuti Badung untuk menyejahteraan warganya.

Sebagai informasi, PAD Kabupaten Badung saat ini mencapai Rp 7,2 triliun. Sedangkan APBD-nya sebesar Rp 10,3 triliun. Sedangkan PAD Purwakarta saat ini sebesar Rp 450 miliar, dan APBD sebesar 2,1 triliun.    

Komisi VI DPRD Purwakarta melaksanakan perjalanan dinas ke Kabupaten Badung dan Kota Den Pasar, Bali pada 16-19 Desember lalu.(bes)  

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
STIA LAN Memerdekakan Orang Jalanan https://t.co/sxYeBNNjWV
PurwasukaNews.com
Saepul Rosad Nugraha: “Saya Siap Jadi Pelakor!” https://t.co/FRZLZ97GcF
Follow PurwasukaNews.com on Twitter