Banner Atas

Ini Kronologi Bencana Longsor Pondoksalam yang Menewaskan Empat Orang

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Bencana longsor yang menimpa tiga rumah di RT 8/4  , Purwakarta, Selasa (27/11) malam masih menyisakan duka.

Dalam peristiwa tersebut, empat orang meninggal dunia, yakni Acem (87), Bakri (90), Iwan (30), dan Intan (6). Korban lain bernama Yeyet, Ima, Dede, Yanti, dan Ridwan.

Inilah kronologi sejak peristiwa terjadi hingga tim evakuasi berhasil mengevakuasi korban terakhir, bocah perempuan bernama Intan.

Selasa sore, 27 November 2018. Kawasan Kampung Krajan, Desa Salamjaya, Kecamatan Pondoksalam dan sekitarnya diguyur hujan lebat.

Sekitar pukul 20.30, terdengar suara bergemuruh. Belakangan diketahui ternyata suara itu bersumber dari longsoran tebing. Saking kerasnya suara, warga sekitar dibuat kaget.

Ada tiga rumah yang berada di bawah tebing dengan ketinggian lebih dari 5 Meter tersebut. Tiga rumah tersebut dihuni oleh sembilan orang.

Puluhan warga mendatangi lokasi kejadian. Tampak tiga rumah tersebut tertimbun longsoran. Warga ada yang berinisiatif melaporkan bencana tersebut kepada Babinsa dan Polsek setempat.

Para korban segera dievakuasi oleh tim yang terdiri dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Purwakarta, TNI, Polri dan warga setempat.

Pukul 21.00 Wakapolres Purwakarta Kompol Yanna Nurhadiana tiba di lokasi, turut memantau evakuasi. Korban yang berhasil dievakuasi sebanyak tujuh orang. Mereka adalah Acem, Bakri, Yeyet, Ima, Dede, Yanti, dan Ridwan.

Dua korban lainnya, yakni Iwan dan Intan, belum berhasil dievakuasi. Dari tujuh korban, dua diantaranya meninggal dunia, yakni Bakri dan Acem. Tim terus melakukan pencarian terhadap dua korban hingga malam hari, namun upaya mereka tak membuahkan hasil.

Rabu 28 November 2018. Tim Pencarian terdiri dari Basarnas, DPKPB Purwakarta, DPBD Jawa Barat, TNI, dan Polri terus melakukan pencarian. Mereka dibantu warga sekitar. Semetara para korban yang telah dievakuasi telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Bayu Asih.

Evakuasi agak terkendala karena timbunan tanah mencapai tiga meter. Dan tim tak bisa mendatangkan alat berat untuk menggali tanah longsoran ke lokasi kejadian karena akses ke arah lokasi hanya jalan setapak.

Tim melakukan evakuasi dengan cara manual, yakni dengan menggunakan cangkul dan alat sederhana lainnya.

Pukul 8.30, tim berhasil mengangkat Iwan. Lelai berusia 30 tahun itu meninggal dunia saat ditemukan, setelah tertimbun sekitar 12 jam. Korban segera dibawa ke RSUD Bayu Asih.

Pukul 9.00, Intan yang merupakan anak Iwan, berhasil dievakuasi. Bocah itu pun telah meninggal dunia saat ditemukan.

Tim tidak serta menghentikan proses evakuasi. Ada informasi diduga masih ada dua korban lainnya yang masih tertimbun. Dikabarkan, dua orang tersebut merupakan saudara Iwan.

Tim melakukan cross chek. Setelah mendapat kepastian bahwa tak ada lagi korban yang tertimbun, proses evakuasi dihentikan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan rombongan meninjau lokasi kejadian.(tiso)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook