Banner Atas

Argumen Pemuda Purwakarta Gampang Dipatahkan

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Pada titik tertentu, pemuda Purwakarta bisa dikatakan berfikir kritis. Hanya saja mereka kerap tak memiliki referensi lengkap terhadap data dan keilmuan. Akibatnya, argumentasi mereka  gampang dipatahkan ketika sikap kritis tersebut disuarakan.

Hal itu diungkapkan Castono, calon legislatif (caleg) Purwakarta dari PKB, mengomentari Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018. Dikatakannya, pemuda harus memiliki kemandiriian dalam mengelola  organisasi.

“Terus belajar dan berdiskusi dengan berbagai kalangan agar pemahaman terhadap suatu masalah makin paripurna,” katanya. 

Menurutnya, sikap kritis pemuda bukan sekadar bisa berteriak lantang atas apa yang dilihat dan didengarnya. Dia berharap, dalam bersuara, para aktivis muda tak mesti menginduk pada aktivis tua.  “Tujuannya agar tak bersikap standar ganda dan ewuh pakewuh dalam bersikap,” imbuh dia.

Castono menilai, persoalan yang dihadapi pemuda sebagai generasi milenial, adalah kecenderungan makin menjauhnya kebiasaan kerja keras dan kerja cerdas. 

“Mereka ingin serba instan dalam mencapai tujuan, padahal kondisi belum memungkinkan.  Kebiasaan untuk menempa diri agar makin dewasa dalam pemikiran dan pemahaman, sudah mulai dilupakan,” terangnya.

Dia berharap agar tak terjadi gap pemikiran, sebaiknya pemuda milenial ini mendapat transformasi pemikiran dari generasi tua.

Castono menilai, selama ini pemerintah daerah setempat telah memberi ruang bagi pemuda untuk berekspresi.

“Selebihnya tergantung para pemudanya, mau tidak mereka memanfaatkan ruang yang sudah disediakan pemda tersebut. Karang Taruna dan KNPi jangan terkungkung pada hal serimonial saja.  Organisasi ini harus lebih membumi dan memberikan juga ruang bagi proses kaderisasi,” ujarnya.

Saat ditanya apakah dewan sudah ideal menjadi penyambung rasa para pemuda, Castono menjawab, “Belum,”.(bes)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook