Banner Atas

Rupiah Melemah, Pengusaha Keramik Plered Raup Untung Besar

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Melemahnya nilai rupiah berdampak positif bagi para pengrajin keramik gerabah Plered Purwakarta. Mereka meraih keuntungan besar, karena nilai ekspor meningkat sekitar 15 persen.

Saat ini jumlah pengrajin keramik di sentral keramik Plered Purwakarta sekitar 205 orang. Karya mereka sebagian besar diekspor ke Eropa dan Amerika.

Produksi gerabah tak terpengaruh dengan naiknya nilai dollar AS. Sebab bahan baku untuk produksi tak didatangkan dari luar negri. Semua bahan baku menggunakan bahan lokal.

Kepala UPTD Litbang Keramik Plered Bambang Mega Wahyu mengatakan, naiknya nilai dollar membawa angin segar bagi para pengusaha keramik gerabah Plered Purwakarta.

Namun begitu, dia mengaku belum bisa merinci kenaikan nilai ekspor keramik secara keseluruhan. “Setiap nilai dollar naik dan rupiah melemah, dipastikan berdampak positif,” katanya.

Keramik gerabah plered Purwakarta memiliki keunggulan tersendiri. Bahan bakunya lebih berkualitas dibanding produk keramik gerabah lainnya. “Kita memliki bahan baku yang dapat bertahan dan kuat di dua musim,” terang Bambang.

Diperkirakan sekitar 110 kontainer keramik Plered purwakarta diekspor ke luar negeri hingga akhir tahun ini.(tiso)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Ketua KPU Ingatkan Caleg Tak Bodohi Masyarakat https://t.co/k35o1eaUjW
PurwasukaNews.com
41 Dewan Petahana Purwakarta Enggan Tinggalkan Jabatan https://t.co/ZKNac7GFXM
Follow PurwasukaNews.com on Twitter