Banner Atas

Kini, Ada Wisata Halal di Purwakarta

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Purwakarta meluncurkan konsep Wisata Halal. Diharapkan konsep ini bisa menarik minat wisatawan Timur tengah untuk menikmati destinasi wisata di kabupaten tersebut.

"Sampai saat ini wisatawan Timur Tengah menjadikan Jawa Barat sebagai primadona. Kebanyakan mereka mengunjungi Ciater dan menginap di Purwakarta," ujar Kabid Pariwisata Disporaparbud Heri Anwar, Jumat (13/7).

Untuk menunjang Wisata Halal, Heri akan menggenjot fasilitas penunjang seperti fasilitas beribadah, makanan, hingga arah kiblat. Menurutnya, wisatawan Timur Tengah termasuk wisatawan yang royal namun kritis terhadap fasilitas, terutama fasilitas ibadah.

"Setiap hotel dan tempat wisata harus memiliki fasilitas ibadah seperti masjid atau mushola. Bahkan di setiap kamar harus ada petunjuk kiblat dan Al-Quran," tutur dia.

Ke depan, di setiap tempat pariwisata dan hotel, disarankan pula memiliki pengingat untuk beribadah. Hal itu merupakan salah satu penunjang dalam membangun konsep wisata halal, termasuk jenis makanan.

"Makanan yang dijajakan harus disertai label halal dan dipisahkan dengan wisatawan asing yang non muslim," ujar Heri.

Konsep Wisata Halal, menurutnya, akan terus digalakan. Bahkan Bidang Pariwisata di instansi tersebut terus mensosialisasikannya kepada pengelola wisata, hotel, dan travel. 

Saat ini Purwakarta masih didominasi oleh wisatawan asing dari Asia Barat seperti Tiongkok, Jepang dan Korea. Namun ada kecenderungan jumlah wisatawan dari Timur Tengah mengalami peningkatan.

Grafik kunjungan wisatawan ke Purwakarta pun terus mengalami peningkatan. Tercatat ada 45 destinasi wisata. Heri menuturkan bahwa Purwakarta ranking pertama dalam jumlah kunjungan wisatawan di Jawa Barat.

"Kita kaget ketika Pemprov mengatakan bahwa Purwakarta merupakan terbesar dalam jumlah kunjungan wisatawan. Dan peningkatannya terus menanjak setelah adanya air mancur," tutur Heri.

Menurutnya, grafik peningkatan kunjungan sudah terlihat sejak tiga tahun terakhir. Dibangunnya Taman Air Mancur Sri Baduga termasuk Museum digital pada masa Dedi Mulyadi mampu meningkatkan jumlah kunjungan.(dik/bes)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Perangi Narkoba, Dewan Apresiasi Kinerja Polres https://t.co/piz8wfBWd4
PurwasukaNews.com
Takut Terjangkit Rabies, Ratusan Binatang Disuntik Massal https://t.co/7hoVodMSxh
Follow PurwasukaNews.com on Twitter