Kapuas Contek Sistem Broadcasting dan Aplikasi Online Purwakarta  

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Noh Alamsyah akan mentransformasikan pengetahuan soal sistem broadcasting dan aplikasi Purwakarta ke daerahnya.

Hal itu diungkapkan Noh saat melakukan studi banding tentang broadcasting dan aplikasi ke Diskominfo Pemkab Purwakarta, Senin (26/3). Saat ini  Diskominfo Kapuas sedang menggodok peraturan daerah (perda) tentang Lembaga Penyiaran Publik lokal TV dan radio.

Selama di Kantor Diskominfo, Noh dan rombongan diterima di Command Centre Room. Di sana mereka menerima pemaparan soal keberadaan Galuh Pakuan TV, Radio Pro 89 FM, dan aplikasi Ogan Logian.

Soal aplikasi Ogan Logian, Noh mengaku terkesan, ““Saya lihat sistem ini sudah berkembang. Sementara kami di Kapuas masih dalam tahap berangan-angan,” katanya. 

Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Diskominfo Purwakarta Iyus Djunaedi menjelaskan, aplikasi Ogan Lopian merupakan gagasan dan inovasi mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

“Nama Ogan Lopian diambil dari nama senjata senjata Bhatara Kresna, tokoh dalam dunia pewayangan. Bhatara Kresna adalah penasihat Arjuna selama dalam Perang Bharatayudha,” papar Iyus. 

Secara teknis, Iyus menjelaskan bahwa aplikasi Ogan Lopian memiliki menu yang semuanya berbasis pelayanan publik. Menu tersebut diantaranya, Sampurasun Bursa Kerja, Sampurasun Bidan, Sampurasun Dokter, Sampurasun Ambulance hingga Sampurasun Polisi. 

“Semuanya layanan berbasis pelayanan. Warga cukup melapor melalui aplikasi tersebut, nanti leading sector terkait menindaklanjuti,” katanya. 

Mendengar paparan Iyus, Noh terobesi mewujudkan aplikasi sejenis di daerahnya. Teknologi tersebut, menurut dia, juga dibutuhkan warga di Kabupaten Kapuas.(ff/bes)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Panelis Godok Tema untuk Debat Publik 2 https://t.co/OEi9RJdM5M
PurwasukaNews.com
Debat Publik 1 Hambar, Tim Sukses Salahkan Microphone https://t.co/0x04GsCj35
Follow PurwasukaNews.com on Twitter