Banner Atas

KPU Purwakarta Terima Segel Logistik dalam Kondisi Rusak  

Bagikan Berita:

 

PURWAKARTA, purwasukanews - Segel logistik Pemilu 2019 yang didistribusikan KPU Pusat ke KPU Purwakarta dinilai tak layak digunakan untuk menyegel dokumen rahasia Negara. Penyebabnya, segel dalam kondisi rapuh dan mudah robek saat digunakan untuk menyegel dokumen yang akan didistribusikan.

Divisi Pengawasan Bawaslu Purwakarta Oyang Este Binos menjelaskan, segel tersebut tidak memenuhi standar untuk menyegel surat rahasia negara. Dikhawatirkan hal tersebut akan memicu masalah dan hilangnya kepercayaan publik.

“Sebab dokumen yang seharusnya tertutup rapat malah terbuka kembali karena segelnya rapuh dan sobek,” kata Binos, Senin (1/4) saat melakukan pengawasan proses pengepakan logistik Pemilu 2019 di GOR Purnawarman.

Memasuki hari kedua pengepakan logistik Pemilu,  segel untuk dua kecamatan seluruhnya dalam kondisi rusak dan robek. Diperkirakan seluruh segel Pemilu yang didistribusikan dari pusat untuk KPU Purwakarta rusak.

“Segel tersebut rapuh pada saat digunakan untuk menyegel dokumen, dan langsung robek,” terang Binos.

Meskipun segel logistik Pemilu 2019 secara umum rusak dan tidak bisa untuk digunakan dalam penyegelan dokumen, namun hingga saat ini belum ditemukan adanya indikasi kesengajaan atau kecurangan.

Pihaknya merekomendasikan agar KPU Purwakarta untuk segera mengganti seluruh segel tersebut. Atau berupaya dengan menggunakan duplikasi segel agar kemasan logistik dan segelnya terjaga.

Segel yang dibutuhkan untuk kebutuhan logistik pemilu 2019 di Purwakarta,  sekitar 260 ribu dengan jumlah TPS sekitar 2.635.

Satu TPS membutuhkan sekitar 93 segel, 15 di antaranya untuk penyegelan dokumen saat distibusi. Dan 78 segel lainnya dibutuhkan pasca penghitungan, ketika kotak surat suara serta pendukung lainnya bergeser dari TPS ke PPS  hingga ke tingkat KPU.(tiso)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
STIA LAN Memerdekakan Orang Jalanan https://t.co/sxYeBNNjWV
PurwasukaNews.com
Saepul Rosad Nugraha: “Saya Siap Jadi Pelakor!” https://t.co/FRZLZ97GcF
Follow PurwasukaNews.com on Twitter