Banner Atas

[Mengenal Caleg: USEP SOLIHIN] Kebersahajaan Berbuah Optimisme  

Bagikan Berita:

 

Sepi ing pamrih, rame ing gawe. Peribahasa Jawa ini cocok dialamatkan kepada seorang Usep Solihin. Kegiatannya, terutama di bidang sosial, sedemikian menumpuk. tapi di balik kesibukannya itu, dia senyap dalam pamrih, dan nihil dalam pencitraan.

PADAHAL kalau dia mau, sekaranglah saatnya Usep mendandani dan membungkus dirinya dalam sebuah pencitraan. Toh sekarang dia tercatat sebagai calon legislatif (caleg) Purwakarta dari PKB. Bisa saja Usep menebar kesan kepada publik atas apa yang telah dilakukan, agar publik bersimpatik dan memilihnya.

Tapi itu tak dilakukan oleh ayah dua anak dari hasil perkawinannya dengan Ida Hamidah ini. Bagi Usep, membantu sesama adalah ibadah. Tak ada tujuan lain. Titik.

Lelaki kelahiran 1 Desember 1973 yang sekarang menjadi guru sukwan ini memang sejak lama bergelut di bidang sosial. Di lingkungannya, di Desa warungjeruk, Kecamatan Tegalwaru Purwakarta, nama Usep sudah sedemikian familiar. Masyarakat mengenalnya sebagai sosok yang bersahaja.

Usep-lah orang yang sigap hilir mudik seperti strikaan jika ada warga yang sakit dan butuh pertolongan. Dia segera mendatangkan mobil ambulans jika diperlukan. Bagi warga Warungjeruk, Usep adalah sosok sukarelawan sejati. Dan Kementerian Sosial sudah mengakui hal itu.

Pekerja Sosial Terbaik

Di lingkungannya pula dia banyak berkecimpung membantu para penyandang disabilitas. Dia pernah menjadi tenaga pendamping program Bantuan Usaha Ekonomi Produktif bagi Penyandang Cacat sejak 2011 hingga 2015 lalu.

Saking seringnya bergelut dengan dunia sosial seperti itu, semakin hari Usep merasa aktifitasnya itu bukan hanya sebagai panggilan jiwa, tapi dia memang sudah benar-benar kecanduan.

Atas kiprahnya itu, pada 2008 silam dia dianugerahi sebagai Pekerja Sosial Masyarakat Terbaik Kabupaten Purwakarta. “Entahlah, saya juga tak tahu kriterianya sehingga saya menyandang yang terbaik,” kata Upes merendah, beberapa waktu lalu.

Selain di bidang sosial, dia juga aktif di organisasi kepemudaan, yakni Karang Taruna dan KNPI.   Usep pernah menjabat dua periode sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Tegalwaru. Dan, kini dia dipercaya sebagai Ketua DPK KNPI Tegalwaru.

Sebagai politikus, Usep kini dipercaya sebagai Sekretaris DPC PKB Purwakarta. Dan karena dorongan dari berbagai kalangan yang dikenalnya, termasuk dari partai, Usep memantapkan diri maju menjadi caleg dalam perhelatan Pileg 2019.

Dia menempati nomor urut 1 di daerah pemilihan (dapil) 5 meliputi Kecamatan Plered, Tegalwaru, dan Maniis. Usep optimistis masyarakat tak akan salah memilih. Saat ini masyarakat sedang membutuhkan figur yang senyap dalam pencitraan, tapi riuh dalam bekerja.*

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook