Banner Atas

Awod Abdul Gadir: ‘Dewan Tak Punya Harga Diri’

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Mantan anggota DPRD Purwakarta Awod Abdul Gadir mengecam aksi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memboikot Rapat Badan Anggaran (banggar) di Hotel West Western Premiere, Bandung.

Awod meyakini aksi para pejabat dari lembaga eksekutif tersebut dikondisikan oleh pihak tertentu. “Barangkali ada pihak yang kepentingannya tak terakomodir dalam APBD Perubahan,” ujar Awod, Rabu (12/9) siang.

Awod mengaku sangat prihatin atas kondisi di mana para ASN terkesan tak manut kepada Pj Bupati dan Pj Sekda sebagai atasannya. Dia menduga para ASN mengikuti instruksi tak menghadiri rapat agar mulus dalam mengincar jabatan saat bupati baru mulai menjabat.

“Untuk itu dewan harus tegas,” tandas Awod. Dikatakannya, dewan harus bersikap memanggil Pj Bupati dan Pj Sekda untuk dimintai keterangan. “Bila perlu, dewan memanggil seluruh pejabat OPD,” imbuh dia.

Awod menilai ketidakhadiran ketidakpatuhan ASN terhadap undangan dewan membahas rapat banggar, merupakan sebuah bentuk arogansi pihak eksekutif.

“Karena itu menyangkut harga diri dewan. Jika dewan tak bersikap, itu artinya lembaga legislatif tak punya harga diri. Dewan tak lagi kredibel dan tak punya wibawa,” kata Awod.

Selain itu, imbuh Awod, di internal lembaga eksekutif sendiri, Pj Bupati dan Sekda harus berani memanggil dan meminta keterangan ASN yang mangkir dalam rapat banggar, “Pj Bupati harus berani,” tandas Awod.

Masih terkait ketidakhadiran pihak eksekutif, anggota Banggar DPRD Budi Sopani Muplih menilai ASN yang tergabung dalam TAPD rela melanggar sumpah sebagai pegawai negri sipil.

Padahal, ujar Budi, rapat banggar sangat penting. Banyak hal yang mesti disepahami untuk mengatasi hal-hal yang menyangkut kepentingan masyarakat Purwakarta.

“Misalnya (tunggakan) jampis, siltap, honor guru ngaji, tunjangan ASN, dan proyek pembangunan,” tuturnya.

Budi menengarai ASN lebih mematuhi pihak lain lain yang tak bisa dipertanggungjawabkan secara konstitusional, daripada patuh kepada Pj bupati yang jelas-jelas mendapat SK dari Kemendagri, dan Pj Sekda yang mendapat perintah dari gubernur.

Diberitakan sebelumnya, ASN yang tergabung dalam Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kompak tak hadir dalam rapat banggar.

Rapat sesi kedua hanya dihadiri oleh Pj Sekda Irsyad Nasution dan Kepala Bayu Asih Agung Darwis.(bes)

 

 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Perangi Narkoba, Dewan Apresiasi Kinerja Polres https://t.co/piz8wfBWd4
PurwasukaNews.com
Takut Terjangkit Rabies, Ratusan Binatang Disuntik Massal https://t.co/7hoVodMSxh
Follow PurwasukaNews.com on Twitter