Banner Atas

Fraksi Golkar dan PAN Boikot Sidang Paripurna?

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Fraksi Golkar dan PAN DPRD Purwakarta serempak tak hadir dalam sidang paripurna yang membahas soal APBD Perubahan, Senin (10/9) siang.

Ketidakhadiran dua fraksi dalam sidang krusial tersebut, memunculkan spekukasi. Sehari sebelum sidang digelar, ada kabar bahwa Golkar dan PAN tak hadir atas instruksi ‘orang kuat’ di Purwakarta.

Penelusuran purwasukanews, ‘orang kuat’ dimaksud, mengerucut kepada satu nama yakni Dedi Mulyadi. Seperti diketahui, Dedi merupakan mantan Bupati Purwakarta yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat.

Salah seorang anggota dewan mengatakan, instruksi tersebut disampaikan kepada para anggota dewan melalui Agus Sundana, Ketua DPD PAN Purwakarta melalui sambungan telepon.

“Dalam APBD Perubahan, ada item-item yang dianggap tak sejalan dengan kepentingan kelompok tertentu. Makanya mereka tidak boleh hadir,” ujarnya.

Sidang Paripurna yang berlangsung sejak pagi hingga malam tersebut dibagi dalam tiga sesi. Sesi terbagi dalam penjelasan bupati, pandangan umum fraksi, dan jawaban bupati.

Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Purwakarta Sutisna membenarkan ketidakhadiran F Golkar dan PAN. “Betul, mereka tak hadir. Tapi syukurlah, rapat tetap berjalan karena mencapai quorum,” kata Sutisna.

Soal ketidakhadiran F Golkar dan PAN, Sutisna enggan membahasnya lebih jauh. “Toh tanpa kehadiran mereka pun rapat tetap berjalan. Jadi, tak perlu ada yang dicurigai. Kalau rapat batal, nah baru saya berkomentar lebih banyak,” ujar Sutisna.

Sutisna mengaku mendengar adanya kabar soal instruksi tersebut. Dikatakan dia, tadinya memang ada kekhawatiran rapat akan batal.

“Tapi saya tak hendak buru-buru mengklaim kebenaran kabar itu. Kalau pun ada, alhamdulillah saya tidak menerima telepon ikhwal instruksi tersebut,” katanya.

Jika benar ada instruksi, imbuh Sutisna, ini jelas sebagai bentuk intervensi, “Kalau memang benar instruksi itu ada, ya saya sebagai ketua BK dan F PDIP merasa prihatin,” katanya.

Selain oleh Fraksi Golkar dan PAN, sidang paripurna sesi Penjelasan Bupati, juga tak dihadiri oleh sejumlah anggota dari fraksi lain. Ada beragam alasan yang dilontarkan.

Di antaranya karena sakit, kepentingan keluarga, terjebak macet di perjalanan, dan ada pula yang mengaku tak tahu ada agenda sidang paripurna.

Hapunten saya sedang kurang fit badan. Dari hari Sabtu bedrest,” demikian kata Dadang Sudirman, anggota dewan dari PAN. Sedangkan Ragil Sukamto, teman satu fraksinya mengaku sedang sibuk mengurusi resepsi familinya.

Ketua DPRD Purwakarta mengakui bahwa tak satupun dari delapan anggota fraksi Golkar hadir dalam sidang paripurna. Namun demikian, Syarif menampik jika ketidakhadiran mereka karena adanya campur tangan dari seseorang atau pihak lain.

“Yang penting sidang mencapai quorum. Tak harus dihadiri Ketua DPRD, cukup oleh wakil ketua pun. Itu sidang kan belum keputusan, baru dalam proses pengkajian. Kan sebelumnya juga sidang paripurna tak dihadiri oleh semua anggota dewan. Toh tak ada masalah,” terang Syarif.

Sidang Paripurna Penjelasan Bupati dihadiri 23 dari 42 dewan, “Sudah mencapai quorum, karena kehadiran mencapai 50 plus satu. Anggota dewan kita berjumlah 42, setelah tiga orang mengundurkan diri terkait kepentingan Pileg,” terang Sutisna.

Kehadiran Sidang Paripuna Pembahasan APBD

Sesi Penjelasan Bupati

 Hadir Lengkap: Fraksi PPP dan Fraksi Hanura

Sesi Pandangan Umum Fraksi dan Jawaban Bupati

Hadir Lengkap: Fraksi PPP, Hanura, Gerindra, Demokrat. Fraksi PKB hadir 3 orang, Fraksi Nasdem 1 orang.

Sesi Penjelasan Bupati, Pandangan Umum Fraksi, dan Jawaban Bupati: Tak satu pun F Golkar dan PAN yang hadir.(bes)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Ketua KPU Ingatkan Caleg Tak Bodohi Masyarakat https://t.co/k35o1eaUjW
PurwasukaNews.com
41 Dewan Petahana Purwakarta Enggan Tinggalkan Jabatan https://t.co/ZKNac7GFXM
Follow PurwasukaNews.com on Twitter