Banner Atas

Panwaslu Tindaklanjuti Laporan Tim Zalu

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Panwaslu Purwakarta menindaklanjuti laporan tim pemenangan pasangan Zainal Arifin-Luthfi Bamala, Kamis (5/7) siang. Laporan tersebut terkait dugaan pelanggaran Pilkada.

Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos mengatakan, pihaknya tengah mengkaji laporan terkait dugaan pelanggaran Pilkada yang masuk ke Panwaslu.

“Kami mengkaji laporan tersebut bersama penegak hukum terpadu (Gakumdu). Hal ini dilakukan untuk mendalami kasus yang terindikasi adanya pelanggaran pidana,” kata Binos.

Setidaknya, kata Binos, empat dari lima laporan itu hampir rampung dan telah diproses bersama Gakumdu. "Laporan itu sedang kita bahas. Jika sudah ada hasilnya nanti kita sampaikan secepatnya kepada pihak pelapor," ujar dia.

Binos menjelaskan, empat laporan yang dibahas bersama Gakumdu, yakni soal kasus dugaan penggelembungan suara, pembukaan kotak suara, dan soal sikap ketua KPU yang diduga melindungi praktik dugaan pelanggaran tersebut.

Kasus lain, kata Binos, soal kasus yang dilaporkan di Kecamatan Sukasari, menyangkut adanya pengumpulan form C6 oleh terlapor. "Keempat kasus kita ambil datanya dari sejumlah dokumen," terang Binos. Dia menambahkan, hasil dari kajian akan dibahas melalui rapat pleno. "Selanjutnya akan kita sampaikan kepada pihak terlapor," terangnya.

Saat ditanya apakah ada indikasi unsur pidana, menurut Binos, ketika dibahas bersama Gakumdu berarti potensi pelanggaran pidananya itu ada.

Namun apakah statusnya ini naik ke tingkat penyidikan atau tidak, akan dibahas dalam rapat pleno. "Yang past kita bekerja secara marathon bersama tim untuk menuntaskan ini, sebagai komitmen Panwaslu," ujarnya.(ise)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
22 Warga Maniis Keracunan Massal https://t.co/COVUCjMnAh
PurwasukaNews.com
Di Darangdan, Ular Kobra 3 Meter Ditemukan di Dapur https://t.co/2AY9ietJGx
Follow PurwasukaNews.com on Twitter