Banner Atas

23 Ribu Pemilih Belum Miliki E-KTP

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Sebanyak 23.938 pemilih pada Pilkada Purwakarta belum memiliki KTP elektronik (E-KTP). Padahal kartu identitas diri tersebut, wajib dibawa saat pemilih memasuki Tempat Pemilihan Suara (TPS) 27 Juni mendatang.   

KPU Purwakarta menargetkan seluruh pemilih potensial tersebut akan memiliki E-KTP sebelum Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditetapkan pada 19 April. Setidaknya, mereka mengantongi surat keterangan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan Purwakarta.

Ketua KPU Purwakarta Ramlan Maulana mengungkapkan, untuk mengejar target tersebut, pihaknya sudah melakukan perekaman 16 Maret lalu. Tanggal tersebut, yakni ketika Daftar Pemilih Sementara (DPS) ditetapkan.

“Hingga hari ini, perekaman sudah rampung sekitar 90 persen,” jelas Ramlan di ruang kerjanya, Senin (9/4) siang. Dia menjelaskan, adanya pemilih yang belum memiliki KTP menjelang pencoblosan, adalah hal lumrah.

“Setiap kabupaten yang menggelar pilkada, pasti terjadi. Jika ditotalkan di Jawa Barat, angkanya mencapai 900 ribu pemilih,” terangnya.

Dia mengingatkan para pemilih agar tak lupa membawa E-KTP pada saat mendatangi TPS. “Itu keharusan. Pemilih harus menunjukkan KTP, selain berkas C6 yang diterima dari panitia,” kata Ramlan.

Yang perlu diketahui, imbuh dia, berkas C6 bukan merupakan surat undangan. “Itu hanya surat pemberitahuan. Artinya, kalaupun pemilih ternyata tak memperoleh C6, mereka tetap terdaftar sebagai pemilih dan bisa mencoblos dengan memperlihatkan E-KTP,” ujarnya.

Dia menilai hal itu perlu disosialisasikan agar tak terjadi salah pengertian di lokasi TPS. “Kami terus mensosialisasikan hal ini dengan melibatkan PPK dan PPS,” imbuh Ramlan.(bes)

  

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Perangi Narkoba, Dewan Apresiasi Kinerja Polres https://t.co/piz8wfBWd4
PurwasukaNews.com
Takut Terjangkit Rabies, Ratusan Binatang Disuntik Massal https://t.co/7hoVodMSxh
Follow PurwasukaNews.com on Twitter