Banner Atas

Kembalikan Uang Negara, Anggota Dewan Patungan

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Anggota Dewan Purwakarta semakin ‘meriang’ dengan fakta-fakta yang terungkap dalam sidang kasus korupsi SPPD Fiktif. Kendati tak satupun yang menjadi tersangka, para wakil rakyat itu bersiap mengembalikan  uang negara yang telah menguap.

Penelusuran purwasukanews dalam sepekan terakhir diperoleh informasi, untuk menutupi kerugian negara sebesar Rp 2,4 miliar, anggota dewan berinisiasi patungan.

Sebanyak 41 anggota dewan Purwakarta dikenakan Rp 35 juta untuk masing-masing anggota. Jika ditotalkan, maka uang yang hendak dikembalikan ke negara yang bersumber dari 41 anggota dewan sebesar Rp 1,435 miliar.

Sedangkan sisa kekurangannya bakal ditanggung oleh empat unsur pimpinan dan dua terdakwa.

“Pembayaran sebesar Rp 35 juta dilakukan dengan memotong honor dewan Rp 5 juta per bulan. Hal itu dilakukan dengan kalkulasi bahwa usia jabatan para anggota dewan tinggal sekitar tujuh bulan ke depan,” terang sumber purwasukanews di gedung dewan.

Dengan asumsi tersebut, maka ketika jabatan mereka rampung, uang sebesar Rp 35 juta sudah terkumpul.

Di kalangan anggota dewan tersiar kabar bahwa inisiasi patungan muncul dari unsur pimpinan. Dan gagasan tersebut diamini seluruh anggota dewan. Sebab, sejauh ini belum ada informasi adanya anggota dewan yang keberatan dengan rencana tersebut.

Ketua DPRD Purwakarta Sarip Hidayat tak memberi komentar satu katapun soal patungan. Demikian pula dengan unsur pimpinan lainnya. Wakil Ketua DPRD Neng Supartini hanya menjawab, ”Saya sedang ada kegiatan,”

Gerakan tutup mulut juga dilakukan oleh para anggota dewan. Beberapa anggota dewan yang diminta komentarnya soal patungan, tak bersedia membuka suara. Budi Sopani Muplih, anggota dewan dari PPP yang biasanya lantang bersuara, mendadak senyap.

“No comment,” kata Budi. Sedangkan Komarudin dari Fraksi Golkar  meminta purwasukanews agar tak menyinggung masalah patungan.

Isep Syafrudin Yahya dari Nasdem  menganjurkan agar media hendaknya mengikuti saja fakta-fakta yang terungkap dalam rangkaian persidangan, “Semua fakta akan diperoleh secara jelas di ruang sidang,” kata Isep.(bes)

 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter