Antisipasi Korupsi, Besaran Anggaran Dewan di APBD 2019 Harus Direvisi

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Badan Anggaran (Banggar) DPRD harus merevisi dan mengevaluasi besaran anggaran DPRD di APBD 2019.

Demikian dilontarkan mantan Ketua DPRD Purwakarta Ucok Ujang Wardi, Minggu (16/12) malam. Dikatakan Ucok, hal itu perlu agar tak terjadi lagi kasus korupsi perjalanan dinas dan Bimtek fiktif di gedung wakil rakyat tersebut.

Ucok melanjutkan, kasus korupsi perjalanan dinas fiktif telah mengorbankan dua orang mantan Sekretaris Dewan (Setwan). Keduanya yakni Sachrul Koswara dan Mohamad Ripai.

Pada APBD 2019, dewan mendapat penggelontoran dana sebesar Rp 42 miliar dari Rp 48 miliar yang diusulkan. Selain soal besaran anggaran, Ucok juga menyoroti soal intensitas kegiatan dewan yang mesti disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

Diperlukan kelegowoan pimpinan dan anggora Dewan untuk mengurangi kegiatan program kerja. misalnya, kegiatan terkait peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota, kordinasi dan konsultasi tugas pemerintahan, penelaahan dan pengkajian, serta rapat-rapat banggar.

Kegiatan-kegiatan tersebut, menurut Ucok,  harus direvisi. Disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang ada di APBD. Program kunjungan ke daerah perlu dikurangi.

“Lalu pembahasan materi perda-perda ditingkatkan dengan menggelar rapat kerja dengan SKPD terkait yang terlibat dalam pembahasan perda,” papar Ucok.

Selain bisa menghemat anggaran, pengurangan anggaran dan kegiatan juga bertujuan agar dewan terhindar dari kesan negatif. Terlebih, di saat memasuki masa akhir jabatan.

“Ini untuk menghindari tudingan bahwa pimpinan dan anggota dewan terkesan banyak melakukan "jalan-jalan" dengan mengesampingkan tugas yang lebih subtantif,” katanya.(bes)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Ada Pa Otang di Balik Keberhasilan PKS https://t.co/QC5zBzdAjw
PurwasukaNews.com
LSM Kompak Bersiap Geruduk Kantor Kejaksaan https://t.co/WFdMmCdzKy
Follow PurwasukaNews.com on Twitter