Banner Atas

Belasan Warga Ciseureuh Tertipu Penyalur TKI Palsu

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Belasan warga Kampung Cihideung, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta, tertipu CY (25), seorang wanita yang mengaku sebagai penyalur tenaga kerja Indonesia (TKI). Mereka dijanjikan CY akan disalurkan ke Singapura dengan menyerahkan sejumlah uang.

Namun setelah menunggu sekian lama, para pencari kerja tersebut tak kunjung diberangkatkan. Belakangan mereka sadar telah ditipu. Mereka pun melaporkannya ke Mapolres Purwakarta.

Atas laporan sejumlah korban, polisi pun bergerak. Dan petualangan CY harus berakhir setelah polisi berhasil membekuknya, Senin (6/5) di Indramayu.

Kasat Reskrim Polres Purwakarta Barat, AKP Agta Bhuwana mengatakan, pelaku awalnya mengaku sebagai penyalur TKI. Kepada para korban, dia mengatakan akan menempatkan para TKI tersebut sebagai sopir.

“Kepada korban, CY mengatakan, untuk bekerja sebagai sopir masing-masing TKI akan menerima gaji sebesar Rp 13 juta per bulan.

Suneri, salah seorang korban kepada polisi menjelaskan, dia telah menyerahkan sejumlah uan, termasuk untuk biaya medical check up. Namun Suneri tak kunjung diberangkatkan. Dia memutuskan membatalkan niatnya ke Singapura.

Karena tidak jadi berangkat, Suneri harus menyerahkan uang sebesar Rp 20 juta kepada CY. Jika tidak, CY akan melaporkan kepada polisi.

Untuk memenuhi permintaan CY, akhirnya Suneri mencari tenaga kerja lainnya untuk mengganti dirinya. Sedikitnya 13 orang tertarik dengan bualan CY. Mereka masing-masing menyerahkan uang kepada CY sebesar Rp 1 juta-3 juta.

“Sama seperti Suneri, mereka pun tak diberangkatkan. Hingga akhirnya sadar bahwa CY telah menipu mereka. Dan beberapa orang dari mereka melapor ke Mapolres,” kata Agta.

Atas perbuatanya itu, tersangka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.(tiso) 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Soal Krisis Air, Politikus Golkar: ‘Sebagai Pimpinan Dewan, Seharusnya Neng Berteriak’ https://t.co/qWu6k07XkA
Follow PurwasukaNews.com on Twitter