Banner Atas

Satgas Saber Pungli Catat Ada 641 Kasus di Jawa Barat

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mencatat hingga saat ini jumlah kasus pungutan liar di Jawa Barat mencapai 641 kasus. Jumlah tersebut bisa diminimalisir apabila  satgas tersebut bisa bersinergi dengan pemerintahan daerah.

Demikian diungkapkan Ketua Bidang Data dan Informasi Satgas Saber Pungli Jawa Barat Yudi Ahadiat saat menggelar sosialisasi di Hotel Harper, Purwakarta, Kamis (22/3). Hadir dalam sosialisasi, Penjabat Bupati Purwakarta M Taufiq Budi Santoso.

Menurut Yudi, kejahatan memang tak bisa dihilangkan, tetapi bisa diminimalisir. “Kita berharap, dengan bersinergi dengan pemkab, angka kasus pungli bisa ditekan,” katanya.

Dia melanjutkan bahwa kemajuan teknologi menjadi salah satu penyebab merebaknya praktik pungli. “Pungli ada di lingkungan sekolah, di kantor SIM dan STNK dan di tempat-pelayanan lain. Tempat-tempat menggunakan aplikasi teknologi,” lanjut dia.

Dia berharap pihak-pihak yang berkompeten mampu menyebarkan informasi bahwa pungli merupakan perkara pidana. Siapapun tak memiliki hak melakukan pungli.

Sementara itu Penjabat Bupati Purwakarta M Taufiq Budi Santoso mengatakan pentingnya peran serta masyarakat untuk memberangus praktik pungli. Dia meminta seluruh informasi yang muncul dalam sosialisasi tersebut disampaikan kepada masyarakat luas. 

“Ini akan menjadi bekal agar tidak terjadi pungli. Kita sadari, pungli menjadi beban daerah dan beban pemerintahan nasional,” ungkapnya. 

Jika pungli berhasil diberantas, Taufiq optimistis proses pembangunan akan berlangsung efektif dan efisien. Bahkan, output pembangunan berupa produk maupun pelayanan akan terus meningkat.

Turut hadir dalam sosialisasi, unsur partai politik, kantor instansi yang membuka pelayanan publik, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).(ff/bes)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Ketua KPU Ingatkan Caleg Tak Bodohi Masyarakat https://t.co/k35o1eaUjW
PurwasukaNews.com
41 Dewan Petahana Purwakarta Enggan Tinggalkan Jabatan https://t.co/ZKNac7GFXM
Follow PurwasukaNews.com on Twitter