Cinta Tanpa Kata untuk Temon

Bagikan Berita:

Temon tampak kikuk. Belasan orang mendatangani rumahnya, Sabtu pagi, 7 April 2018. Rumahnya yang teramat sederhana itu pun akhirnya dibongkar. Isi dada pemuda berusia 32 tahun itu berkecamuk.

INGIN sekali Temon mengungkapkan perasaannya itu dengan kata-kata. Tapi apa daya, dia tak mampu melakukannya. Temon seorang berkebutuhan khusus. Dia penyandang tuna wicara.

Tapi tanpa bicara pun, dari raut wajah Temon, orang-orang bisa menerka apa yang tengah bergejolak di dadanya. Perasaan Temon berkecamuk campur aduk, antara haru dan bahagia.

Rumahnya di Kampung Cicareuh RT 15/4, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur Purwakarta itu, dibongkar untuk direnovasi. Wajar jika Temon terharu karena sebelumnya dia tak menyangka rumahnya akan diperbaiki. Jangankan berharap, mimpi pun tidak.

Bagaimana mungkin Temon mampu memperbaiki rumah. Untuk makan sehari-hari saja mengandalkan beras perelek dan welas asih para tetangga.

Itulah dahsyatnya cinta. Tanpa ada cinta, Temon mungkin akan terus-menerus mendiami rumahnya yang hampir runtuh. Sebuah rumah yang bergenting bocor di sana-sini.

Di rumah itu, Temon hidup sendiri. Tanpa orang tua, tanpa saudara. Tapi dengan kekuatan cinta, dia tak merasa hidup sebatang kara. Semua tetangga mengasihinya. Dia tetap merasa hangat di tengah lingkungannya. Sebuah kondisi yang pasti berbanding terbalik dengan di perkotaan.

Orang tua Temon bercerai saat dia masih berusia balita. Menurut cerita Ketua RW setempat, orang tua Temon dulu pernah tinggal di rumah itu. “Mereka kemudian bercerai, dan Temon menjadi anak asuh seorang pegawai Perum Otorita Jatiluhur (POJ),” terang Pak RW.

Nasib Temon terombang ambing ketika bapak asuhnya meninggal dunia. Sejak saat itu dia mendiami rumah seorang sendiri. Menurut kabar, ibu Temon kini tinggal di Sukarata, Kelurahan Cipaisan.

Dan Sabtu pagi itu pun Temon merasakan limpahan cinta. Para tetangga bahu membahu membantu memperbaiki rumah Temon. Di lokasi, tampak pula Kepala Kecamatan Jatiluhur Asep Supriatna. Dia juga ikut membantu warga.

“Perbaikan rumah Temon terwujud atas inisiasi Pak Camat. Dan Alhamdulillah, warga di sini termotivasi ikut terlibat. Selain membantu tenaga, warga juga memberi donasi alakadarnya,” kata Pak RW.     

Di lokasi, Pak Camat Asep Supriatna mengungkapkan, rumah Temon adalah salah satu dari beberapa rumah yang berkesempatan dibedah. “Kami sudah mensurveinya Desember 2017 lalu, tapi baru terealisasi sekarang,” kata Pak Camat.

Dana untuk perbaikan rumah Temon  berasal dari donasi patungan oleh pihak kecamatan dan Desa Jatimekar, “Termasuk dari warga setempat. Selain uang, ada juga yang menyumbang berupa materi bangunan,” terangnya.

Sejak dipercaya menjadi Pak Camat di Jatiluhur pada 3 Januari 2017, sudah 18 rumah warga yang diperbaiki. Tak ada satu rumah pun yang diperbaiki dengan menggunakan dana APBD.

Pada 2018 sudah dua rumah yang dibedah, sebuah rumah di Desa Cikaobandung dan rumah Temon.

“Saya sangat mengapresiasi sikap gotong royong dan peran aktif masyarakat. Tanpa keterlibatan mereka, apalah artinya saya,” kata Pak Camat.

Sama seperti di belahan Purwakarta lainnya, di Jatiluhur pupn masih banyak rumah warga yang tak layak huni. “Masih banyak rumah yang perlu dibedah. Untuk terus mewujudkannya, saat ini kami sedang menggerakkan infaq dan shodakoh melalui BAZ Kecamatan,” imbuh dia.

Demikianlah. Temon mendapat limpahan cinta. Wujudnya bukan dengan kata-kata, tetapi dengan aksi nyata. Sekalipun tuna wicara, Temon pun sangat merasakannya.

Hari-hari berikutnya, Temon akan merasa lebih hangat mendiami rumahnya. Dia tak lagi khawatir rumahnya akan ambruk. Tak juga khawatir dengan butir hujan yang kerap menyerang atap.(bes)   

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Polisi Selidiki Kasus Balita Tewas dalam Mobil https://t.co/rFXCnZfQDb
PurwasukaNews.com
Mobil Opel Blazer Hangus Terbakar di KM 88 Tol Cipularang https://t.co/74NngSerf1
Follow PurwasukaNews.com on Twitter