Pencarian Korban Cirata Gunakan Robot Bawah Air

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Tim Gabungan pencarian enam korban hilang perahu karam di Cirata menggunakan robot bawah air. Memasuki hari keenam, tim terus berupaya mencari keberadaan korban, kendati belum satu pun yang ditemukan.

Robot bawah air (Remotely Operated Vihicle-ROV) merupakan piranti yang dapat bermanuver untuk dapat menerima energi dan informasi perubahan di dalam air, dioperasikan operator di atas kapal.

Kepala Basarnas Provinsi Jawa Barat, Riyadi mengatakan, pencarian lanjutan terhadap para korban kapal karam dilakukan dengan sistem penyinaran dengan menggunakan 4 unit LCR, serta perahu di titik kordinat tenggelamnya perahu.

LCR yang dilengkapi kamera dan lampu penerangan dengan kapasitas 2.200 lumen ini memiliki robot handle, yang dioperasikan operator menggunakan metal detector. Alat ini dapat menjangkau radius pencarian di kedalaman 60-200 Meter.

“Hari ini kami menerjunkan 100 personel dari tim gabungan,” kata Riyadi, Senin (25/12). Dia menjelaskan, ROV dan sistem penyinaran sebelumnya pernah digunakan pada operasi SAR Airasia Q2 850 L. “Kami berharap para korban dapat segera ditemukan,” tambah Riyadi.

Enam orang dinyatakan hilang setelah perahu yang ditumpanginya tenggelam di Waduk Cirata, tepatnya di Blok  Nusa Desa Tegaldatar, Kecamatan Maniis, Purwakarta, Kamis (21/12) sekitar pukul 14.00.

Para korban merupakan para petani yang menumpang perahu seusai memanen cabe di lahan yang berada di tengah perairan. Perahu tersebut berpenumpang 15 orang.

Sembilan selamat, dan enam orang diantaranya tenggelam dan hilang. Hingga kini para korban belum ditemukan.(tiso)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
FK UIP Desak Panwas Serius Tangani Kasus Kades Jadi Pengurus Parpol https://t.co/A2mGqFgQPF
Follow PurwasukaNews.com on Twitter