Tim Gabungan Siapkan Kantung Mayat

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Tim Operasi SAR Rawa Taal menyiapkan 10 kantung mayat dalam pencarian enam korban perahu karam di Waduk Cirata, Kecamatan Maniis, Purwakarta. Hingga sore ini, Tim masih berjibaku melakukan pencarian, kendati belum berhasil menemukan satu pun korban.

Sepuluh kantung  mayat tersebut disiapkan Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Jawa Barat, untuk mengantisipasi ditemukannya jasad korban.

Kantung-kantung itu ditempatkan di salah satu sudut posko dan sedikit tertutup oleh perlengkapan lain yang digunakan untuk proses pencarian korban.

“Tim memperkirakan keenam korban kemungkinan besar sudah meninggal dunia dan masih berada di dalam perairan,” kata Kepala Basarnas Povinsi Jawa Barat, Riyadi.

Menurutnya, dengan interval waktu 24 jam sejak kejadian, secara rasional sulit bagi korban untuk bisa selamat dari dalam air tanpa perlengkapan apapun. 

“Tapi itu hanya dugaan sementara, sebelum benar-benar diketahui secara pasti kondisi para korban,” ungkapnya.

Ikhwal terjadinya peristiwa, semula ada informasi simpang siur, tentang jumlah korban dan jumlah penumpang perahu. Atas dasar itu, Insident Comander yang juga Dandim Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana menegaskan, korban yang saat ini dalam pencarian berjumlah enam orang.

Sedangkan perahu yang karam, mengangkut 15 penumpang (sebelumnya dikabarkan 21 penumpang). Perahu tersebut dua kali mengangkut penumpang. Rit pertama mengangkut enam orang dan selamat sampai tujuan.

Yang mendapat musibah adalah warga yang menumpang perahu rit kedua jumlah penumpang sebanyak 15 orang. Perahu tenggelam setelah gelombang besar menghantamnya.  Enam orang dinyatakan hilang hingga saat ini.

Hal itu dipertegas oleh Riyadi, “Ya, yang terkena musibah 15 orang. Enam orang diantaranya yang hilang,” katanya. Dia melanjutkan, dalam pencarian lanjutan pihaknya mengerahkan 84 petugas gabungan.

Dikatakannya, untuk saat ini pencarian dengan melakukan penyelaman dinilai tak efektif. Strategi pencarian hari ini dilakukan dengan penyisiran hingga radius 500 meter dari lokasi kejadian. 

“Kita menggunakan sistem dengan cara manual. Mudah-mudahan bisa secepatnya membuahkan hasil. Diharapkan dengan peralatan dan kemampuan yang ada para korban yang tenggelam dapat segera ditrmukan,” harapnya.(tiso)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Ini Alasan KPU Purwakarta Tolak Rustandie-Dikdik https://t.co/q2KuEDcVhm
PurwasukaNews.com
Peduli Purwakarta, PNC Gelar Ririungan https://t.co/pJvDoF68K9
Follow PurwasukaNews.com on Twitter