Tulis Yerusalem Ibukota Israel, Buku IPS Ditarik

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Dinas Pendidikan (Disdik) Purwakarta menarik buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD karena di salah satu halaman disebutkan bahwa Ibukota Israel adalah Yerusalem. Penarikan buku tersebut dipertegas dengan dikeluarkannya surat edaran dari instansi tersebut.

Buku kontrversial tersebut diketahui terbitan Yudistira dan telah banyak digunakan di sejumlah sekolah dasar (SD) di Purwakarta. Sebelum Disdik mengeluarkan surat edaran, sebelumnya buku tersebut menjadi bahan perbincangan di media social.

Plt Kepala Disdik Purwakarta, Purwanto menyebutkan, buku IPS yang digunakan sejumlah sekolah dasar itu merupakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 cetakan 2009. Artinya buku tersebut sudah lolos dari Kementerian Pendidikan.

"Dengan demikian, masalahnya ada di kementerian, bukan di sekolah sebagai pengguna. Mengapa buku dengan konten kontroversi itu lolos dari pengawasan,"ungkap Purwanto, Rabu (13/12).

Dikatakannya, surat edaran instruksi penarikan sudah dibuat dan segera didistrubusikan ke sekolah-sekolah mulai Kamis hari ini. Semua sekolah harus menarik dari semua pengguna setelah menerima surat edaran.

Purwanto menjelaskan, buku IPS itu juga terkategori buku sekolah elektronik (BSE). Artinya, siapa pun bisa mengunduhnya melalui intetnet.

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kecamatan Manis, mengumpulkan 16 kepala sekolah dasar yang ada di wilayah itu. Pengumpulan kepala sekolah terkait antisipasi atas beredarnya buku tersebut. Mereka diminta segera mengecek halaman dari buku yang tersebut. 

Kepala UPTD Disdik Kecamatan Maniis, Oeng Suhaeli mengatakan, kebijakan Disdik mengeluarkan surat edaran penarikan buku adalah langkah tepat. 

“Itu bagus sebagai penguat kami dalam melakukan langkah-langkah antisipatif. Tak hanya buku itu yang kami periksa, tapi buku terbitan lain pun dicek. Sejak isu ini menjadi viral, kami sudah melangkah, salah satunya dengan mengumpulkan para kepala sekolah agar menarik dulu buku itu," katanya.(bes)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Ini Alasan KPU Purwakarta Tolak Rustandie-Dikdik https://t.co/q2KuEDcVhm
PurwasukaNews.com
Peduli Purwakarta, PNC Gelar Ririungan https://t.co/pJvDoF68K9
Follow PurwasukaNews.com on Twitter