TKI Harus Mampu Berbahasa Inggris

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menggelar program peningkatan kualitas (upgrading skill) dan kompetensi bagi siswa Java Hospitality School (JHS) Purwakarta dan King Culinary School, di Aula Hotel Grand Situ Buleud (GSB) Purwakarta, Jumat (17/11).

Peserta merupakan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI). “Upgrading skill ini dalam rangka meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris bagi calon TKI. Pasalnya, kemampuan berbahasa asing mutlak dimiliki oleh setiap calon TKI, terutama bahasa Inggris,” ujar Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi (KLNP) Elia Rosalina Sunityo.

Dijelaskan Elia, pemerintah kini lebih selektif dalam pengiriman TKI ke luar negeri.

“Karena itu, pemerintah menekankan pentingnya penguasaan skill calon TKI, termasuk penguasaan Bahasa Inggris. Jangan sampai calon TKI yang memiliki kompetensi sebagai seorang chef namun karena kendala bahasa, maka dirinya hanya menjadi asisten chef,” katanya.

Upgrading skill dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi calon TKI  selama kurun waktu tahun 2017 telah dilaksanakan pada sektor Kesehatan (Nurse dan Caregiver), Hospitality (Landbase dan Seabase), serta manufactur,” ujarnya.

Sementara itu, Executive Director Java Hospitality School Purwakarta Muchamad Agung Muharram mengapresiasi kepedulian pemerintah terhadap calon TKI.

“Program ini sangat membantu kami dalam menciptakan lulusan yang berkompetensi dan siap bekerja di luar negeri,” ujarnya.

Ada pun untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, sambungnya, baik JHS mau pun King Culinary memanfaatkan program Smart English.

“JHS dan King Culinary juga saling berintegrasi menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan berkualitas,” kata Agung.(gin) 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter