Ada Bunga Bangkai di Ciseureuh

Bagikan Berita:

PURWAKARTA – Warga Kampung Sukamulya, RT 01 RW 6, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta, dikejutkan dengan ditemukannya Bunga Bangkai (Amorphophallus titanium) di halaman belakang rumah salah seorang warga.

Bunga langka tersebut sempat menarik perhatian warga sekitar. Mereka penasaran ingin melihat bentuk bunga bangkai secara langsung. 

Bunga bangkai atau Rafflesia Arnoldi selalu menjadi perhatian warga karena bentuk dan ukurannya yang besar serta aromanya yang tak sedap. Selama ini diketahui bunga itu tumbuh dan dipelihara di Kebun Raya Bogor, dan kali pertama ditemukan di Indonesia adalah di hutan Sumatera.

Iwan Setiawan, yang menemukan Bunga Bangkai tersebut mengatakan, bunga itu tumbuh di halaman belakang rumahnya, “Tahun lalu juga pernah ada. Sama, tumbuhnya di halaman belakang,” katanya. 

Bunga Bangkai tersebut berukuran sekitar 60 cm. Tahun lalu, kata Iwan, seusai muncul umbi, bunganya kemudian layu. “Paling bertahan seminggu setelah bunga mekar seperti ini, " ujarnya, Rabu (8/11).

"Saya merasa heran. Bunga ini hanya tumbuh di halaman rumah saya dan tidak ada di tempat tetangga atau sekitarnya. Bunga ini mendadak muncul di halaman rumah, jika ada pergantian musim atau pancaroba," terangnya.

Keunikan bunga ini adalah saat bunganya mengembang langsung mengeluarkan bau busuk disertai banyak lalat di sekitar mahkota bunga. Pada saat mekar diameter bunga bisa mencapai 65 cm, dengan ketinggian mencapai 60 cm.(gin) 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter