Luthfi Bamala: “Perlu Dibangun Jalan Tol Mini Transporter Tambang”

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Bakal calon Bupati Purwakarta Luthfi Bamala mengusulkan agar Pemkab Purwakarta membuat jalan tol mini bagi kendaraan-kendaraan pengangkut hasil tambang.

Selain bertujuan agar infrastruktur jalan terpelihara, adanya jalan tol mini transporter tambang ini juga akan memberi kontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Jalan tol mini dibangun di areal-areal yang memiliki hasil tambang yang potensial, seperti Kecamatan Plered. Di kecamatan ini banyak perusahaan yang mengeksploitasi batu untuk tujuan komersial.

Selama ini kendaraan pengangkut batu menjadi penyumbang terbesar bagi rusaknya infrastruktur jalan. Tak hanya itu, kawasan sekitar yang dilintasinya pun menjadi tak sehat karena setiap hari diliputi debu.

“Bisa dipastikan, yang dirugikan adalah warga setempat. Mereka terus menerus terganggu debu, ” kata Luthfi saat berbincang dengan purwasukanews di Sekretariat LSM Kompak, Jalan Siliwangi Purwakarta, pekan silam.

Hadirnya jalan tol mini khusus ini, diharapkan akan memberikan ketenangan di kedua belah pihak, yakni pihak pengusaha dan warga. Pengusaha merasa nyaman menjalankan aktifitasnya, dan warga pun senang karena infrastruktur tak rusak dan tak lagi terganggu debu.

Luthfi melanjutkan, membangun jalan tol mini khusus ini adalah proyek yang realistis dan bisa membantu keuangan pemkab apabila terjadi defisit anggaran, “Ayo kita lakukan uji petik,” tantang Luthfi.

“Setiap hari sekitar 600 truk tronton beroperasi di Kecamatan Sukatani dan Plered. Jika setiap kendaraan dipungut Rp 50 ribu setiap memasuki jalan tol mini, maka pemasukannya cukup besar,” terang dia lagi.

Dengan asumsi itu, Luthfi yakin jika proyek pembuatan jalan tol mini menelan biaya Rp 25 miliar, maka dalam kurun waktu dua tahun sudah bisa break even point, alias kembali modal.(bes)  

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter