[OPINI}; Siapa Penerus Kang Dedi?

Bagikan Berita:

oleh: Ahmad Munasyah

Denyut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 sudah sangat terasa. Baik pemilihan Gubernur Jawa Barat maupun Pemilihan Bupati Purwakarta. Wajar, karena suksesi ini digelar 9 bulan lagi ke depan, tepatnya 27 Juni 2018.

KITA tinggalkan dulu Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Kita fokus pada perhelatan Pemilihan Bupati Purwakarta. Kita tahu bahwa Bupati Dedi Mulyadi tak bisa lagi mencalonkan diri. Kang Dedi sudah dua kali menjadi orang nomor satu di kabupaten ini.

Artinya, untuk menjadi  bupati dan wakil bupati, bisa siapa saja karena mempunyai kesempatan yang sama. Mengapa demikian? Karena tidak ada ‘orang nomor dua’ selama kepemimpinan Kang Dedi Mulyadi.

Lebih tegasnya lagi, Kang Dedi Mulyadi tidak memfokuskan diri kepada seseorang untuk dicetak sebagai penerusnya. Untuk kaderisasi. Imbasnya, tongkat estafet kepemimpinan tidak akan mudah dan akan menggeliat.

Untuk soal politik, Kang Dedi lebih memberikan ruang terbuka kepada orang-orang di belakangnya. Dengan demikian imbasnya semua masyarakat Purwakarta diberikan ruang untuk melanjutkan kepemimpinannya.

Kondisi emosional seperti itu, plus minusnya para bakal calon, baik yang ada di belakang Kang Dedi maupun dari luar lingkarannya, terlihat dengan jelas. Siapa saja mempunyai peluang yang sama.

Katakanlah misalnya Dadan Koswara, Padil Karsoma, Endang Koswara, Ruslan Subanda, Rustandie, Zaenal Arifin, Luthfi Bamala, Agus Darmawan, Neng Supartini, Aming, Muhamad Abdulatif dan yang lainnya.

Nama-nama tersebut beredar dan faktanya mereka mendaftar di beberapa partai politik (parpol). Jumlahnya tidak kurang dari 20 orang. Mereka menyatakan akan mengikuti Pilbup, baik menjadi bupati atau wakil bupati.

Sebenarnya masuk minggu ke tiga bulan September ini, kita bisa melihat kadar keseriusan masing-msing bakal calon. Karena tahapan parpol sudah mulai berjalan dengan menurunkan tim survei. Survei bisa menentukan bakal calon menjadi calon. Atau bisa jadi itu hanya kamuflase atau bisa juga lips service.

Karena persoalan politik tidak bisa diuji dengan ilmu pasti. Biarkan itu menggelinding dengan alamiah dan masing-masing karakter parpol. Ada tiga hitungan yang akan dikaji oleh tim survey. Pertama alat peraga seperti spanduk, banner dan baliho.

Kemudian sosiaisasi di sosial media (medsos) yang katanya dua katagori itu dihitung sama, masing-masing 25 persen dan langsung tim survei mendatangi masyarakat dengan mengambil sample minimal di 11  dari 17 kecamatan yang ada. Tim akan turun langsung dari rumah ke rumah.

Bakal calon mana saja yang serius, bisa dilihat faktualnya di lapangan. Itu gambaran yang bisa dilihat karena tahapan sudah dimulai walau baru dari parpol. Bila melihat bakal calon banyak memasang banner, spanduk dan baliho, itu tandanya dia serius dengan aturan main yang diberlakukan.

Dilihat dari tingkat keseriusan, sepertinya kita bisa menghitung jumlahnya tak lebih dari 10 bakal calon yang serius mencalonkan diri. Bagaimana cara mereka meyakinkan pengurus parpol, tentulah mempunyai cara dan strategi masing-masing.

Kalau melihat kalkulasi pemetaan parpol, sepertinya akan ada tiga pasang bakal calon, ditambah satu pasang dari independen (perorangan).

Dari sekitar 20 nama balon yang beredar, maksimal yang akan diusung oleh parpol hanya enam orang. Dan ditambah dua orang dari independen. Siapa saja, pasti kita sudah tahu melihat keseriusan masing-masing bakal calon dalam mengikuti tahapan yang dilaksanakan parpol.

Mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk melanjutkan kepemimpinan Kang Dedi. Sebagai gambaran saja, Aming, Lutfhi Bamala, Dadan Koswara, Padil Karsoma, Endang Koswara, Rustandie, Zaenal Arifin, Ambu Ratna Mustika, Neng Supartini, dan Agus Darmawan mempunyai peluang besar diusung oleh koalisi parpol.

Selain nama tersebut, tinggal menunggu keajaiban sambil kita melihat arah koalisi PDIP, Gerinda, Golkar, PAN, dan Hanura.***

 *Penulis adalah mantan wartawan Pikiran Rakyat Bekasi Raya

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter