2 Perempuan Muda Menangis di Kantin Disnakertrans Karawang, "Kami Ditipu Calo"

Bagikan Berita:

KARAWANG, purwasukanews - Ternyata, praktik percaloan tenaga kerja di Karawang masih terjadi. Meski dalam hal ini pemkab setempat beserta aparat hukumnya beberapa kali mengeluarkan statement terkait pemberantasan calo tenaga kerja, namun hasilnya nihil. Dan faktanya, praktik kotor itu malah semakin marak. 

Tadi siang, Selasa (9/5/2017), dua orang perempuan terlihat menangis di sebuah warung yang berada dalam kompleks Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Karawang. 

Keduanya menangis karena telah "dikerjain" oleh seseorang yang mengaku mitra Disnakertrans Karawang, yang bisa memasukan mereka kerja di PT. Sharp. Namun nyatanya, setelah keduanya menyerahkan uang "pelicin" jutaan rupiah, orang tersebut menghilang, entah kemana.

"Awalnya kita lagi mencari info lowongan kerja di sini (kantor Disnakertrans Karawang). Kemudian orang itu datang. Dia mengaku mitra Disnaker yang bisa memasukan kami kerja di PT. Sharp," ujar Bunga (nama samaran).

Disaat bersamaan, orang tersebut kemudian meminta uang sebesar Rp 1,5 juta per orang sebagai syarat untuk masuk kerja di perusahaan yang dimaksud.

Keduanya kemudian sepakat dan menyanggupi untuk menyerahkan uang tersebut keesokan harinya.

"Saat itu hari Senin (8/5/2017). Kita sepakat ketemu hari ini untuk menyerahkan uang itu. Dan tadi pagi ketemu di warung ini, kemudian kita menyerahkan uang tersebut," tambah Bunga.

Namun setelah uang itu diserahkan, orang tersebut tiba-tiba menghilang. "Dia janji akan ngajak kita langsung ke PT. Sharp. Kita disuruh menitipkan motor dulu di tempat yang tak jauh dari Disnaker," katanya.

Namun setelah menitipkan motornya dan kembali ke warung itu, orang yang mengaku akan memasukan mereka kerja dan sudah menerima uang tersebut, sudah tidak ada.

"Kami tunggu-tunggu sampai sekarang tak ada juga. Ditelepon malah HP nya gak aktip," ucapnya.

Fenomena ini direkam oleh seorang netizen pemilik akun Neng Geulis. Diapun kemudian memposting foto berikut keterangannya di sebuah grup Facebook lokal Karawang yang dihuni oleh ratusan ribu akun. 

Sontak, postingan Neng Geulis mendapat reaksi dari netizen lainnya. Dalam beberapa jam, postingannya mendapatkan ratusan "like" dan ratusan komentar yang semuanya bernada kutukan terhadap calo tenaga kerja.

"Laporin aja neng ke polisi, tuman lah," komentar akun Aa Galih.

"Calo emang biadab. Tewak lah tewak," samber akun Agung UrangKarawang. (bh)

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter