Mencicipi Rasa Nusantara di Kedai Kopi Bandit  

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Dewasa ini di Purwakarta banyak bermunculan kedai kopi. Satu di antaranya adalah Kedai Kopi Bandit. Berlokasi di bilangan Jalan KK Singawinata Ceplak Purwakarta, kedai kopi yang satu ini memang tak semegah kedai kopi modern pada umumnya. 

Namun jangan salah, dengan berkunjung ke kedai kopi ini, para penikmat kopi akan diajak membuka pintu gerbang pengetahuan baru soal ragam kopi, khususnya hasil tanah Bumi Nusantara. 

"Kita hanya menyediakan kopi khas Nusantara. Setiap bulan kita mengganti tema kopi yang disediakan," ujar pemilik Kedai Kopi Bandit Widdy Apriandi (32), beberapa waktu lalu.

Saat disuguhi secangkir kopi khas Sumatera, Kopi Dolok Sanggul namanya, maka keasaman natural kopi ini khas terasa. Di sela menikmati kopi itu, Widdy menyebutkan, untuk mengganti tema kopi setiap bulan dirinya kerap membuat semacam artikel kopi. 

"Bulan-bulan kemarin kopi khas dari daerah Jawa Barat, kemudian Gayo khas Aceh. Untuk bulan sekarang, kami fokus menyajikan kopi asal Sumatera dengan dua jenis original yaitu Dolok Sanggul dan Sigara Rutang," kata dia. 

Menariknya, dengan mengganti jenis-jenis kopi Nusantara yang ia sajikan, justru banyak pengunjung yang dibuat penasaran. "Mereka malah suka nanya-nanya ke saya, habis temanya kopi dari daerah ini, besok dari daerah mana lagi ya," ujarnya.

Berbeda dengan kedai kopi yang biasanya mempunyai menu sajian yang dibuat tetap, dia mengaku, sengaja merubah menu kopinya karena memiliki sebuah tujuan yang ia sebut sebagai bentuk nasionalisme pecinta Kopi Indonesia.

"Kopi Indonesia itu banyak variannya. Kopi Bandit enggak mungkin menyajikan semuanya. Tapi, setidaknya saya bisa memberi knowledge dan pengalaman kepada para pengunjung soal kopi asli Indonesia. Saya ingin mereka juga tahu berbagai jenis kopi Indonesia," katanya.

Dengan hanya memperkenalkan kopi khas Nusantara, Widdy juga ingin membantu terbentuknya industri kopi di Indonesia, khususnya di Purwakarta. "Kita masuk negara terbesar penghasil biji kopi. Kita punya potensi kuat membangun industri kopi," paparnya. 

Untuk memilih jenis kopi dari daerah mana yang ia sajikan, Widdy mengaku menentukannya lewat keunikan dan popularitas kopi tersebut. "Kalau kopinya unik dan lagi nge-trend, kami akan pilih," ucapnya. 

Selain membuka kedai kopi, ia ingin berbagi ilmu tentang kopi dan bagai mana cara menyajikan kopi yang nikmat. Nanti pada hari kopi sedunia tepatnya Oktober 2017 dirinya akan membagikan 2.000 gelas kopi khas Nusantara kepada masyarakat Purwakarta. 

"Selain itu saya Ingin membuka kelas belajar buat para anak-anak jalanan, dengan harapan bisa memberikan penghasilan bagi anak jalanan. Karena saya lihat Industri kopi ini mulai merambah semua daerah," pungkasnya.(gin) 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter