Manjakan Lidah dengan Garang Asem Ayam Khas Semarang

Bagikan Berita:

Siang hari mau hidangan berkuah hangat dan Segar? Garang asem ayam bisa jadi pilihan. Potongan ayam empuk 'berendam' dalam kuah segar tentu cocok dilahap dengan nasi hangat!

UNTUK yang ingin merasakan makanan khas Jawa di Purwakarta dan ditemani tahu serta tempe bacem, tidak salahnya mencoba di Rumah Makan Simpang 5 Semarang, Jalan Ibrahim Singadilaga No. 8 (Koncara) Purwakarta. 

Tempatnya, tidak jauh dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purwakarta Dan Bank Rakyat Indonesia (BRI)  Koncara. 

Di warung milik Pak Sugimin ini, makanan-makanan khas jawa tersedia, mulai dari yang sering kita temui seperti pecel ayam dengan varian bakar maupun goreng.

Ada pula soto ayam, soto ayam campur dan garang asem yang tentunya akan memanjakan lidah. Rumah makan ini buka dari pukul 07.00 sampai 21.00 Wib. 

Terlebih lagi, ditemani dengan tempe dan tahu bacem serta goreng yang tersedia, ada juga tusuk-tusuk sate hati, dan usus ayam juga sate teror puguh yang membuat mulut rasanya tidak ingin berhenti mengunyah.

Untuk tempatnya pun terbilang bersih, ditambah dengan pelayan yang cekatan, membuat para konsumen rasanya betah. Yang menjadi menu andalan di Simpang 5 ialah Garang Asem, dijamin akan berbeda dan lezat menambah khasanah rasa tersendiri.

Paduan rasa asam, gurih dan pedasnya dijamin membuat badan lebih segar. Kalau mau cicip garang asem ayam, memberikan rasa yang berbeda. Diolah dengan bumbu tradisional, ditambah irisan tomat hijau dan cabai, menambah selera makan.

Sugimin yang akrab disapa Pak Sali ini, menjelaskan, apabila sedang ramai, garang asem bikinannya dapat laku hingga 180 bungkus perhari, dengan harga Rp 17.500 per bungkus untuk garang asem ayam dan Rp 18.500 per bungkus untuk garang asem daging.

"Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat takaran garang asem ayam kami pilih dari bahan yang berkualitas, jadi memberi kesan segar dan pas di lidah," ungkap pria yang lahir 1973 tersebut. 

Soal harga di Rumah Makan Simpang 5 yang berdiri sejak tahun 2007 tersebut, bisa dibilang murah. Dari mulai Rp 1.500 sampai Rp 20.000 saja. “Kami menggunakan ayam kampung untuk garang asem ayam,” katanya. 

Sementara itu Novitasari (24) salah satu pelanggan mengatakan, garang asem merupakan masakan yang memiliki cita rasa pedes segar, yang membuatnya berkeringat. "Pedes tapi segar. Tapi didominasi asam sih. Nendang banget asam dan pedesnya," ungkap Novitasari.

Selain Novitasari, Zaenal Arifin pembeli asal Jatiluhur mengaku bukan baru sekali menikmati garang asem di Simpang 5 ini melainkan dirinya sudah sering bahkan menjadi pelanggan setia.

"Wenak sekali. Sip poll dan maknyus. Dah itu saja," ungkap Zaenal Arifin. Kalau ditanya rasa, jangan diragukan lagi, jika telah mencoba, pasti akan ingin kembali. Terbukti, tempat makan Simpang 5 ini pun tak pernah sepi dikunjungi oleh pelanggannya.(gin) 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter