Awas, Ada ‘Bupati Jelantah’!

Bagikan Berita:

Masyarakat Purwakarta mulai merasa muak dengan janji-janji manis yang dilontarkan para bakal calon bupati untuk menaikkan popularitasnya. Beranjak dari kenyataan itu, Isep Syafrudin Yahya, bakal calon Bupati Purwakarta tak ingin terjebak dalam stigma tersebut.

TAK seperti bakal calon lain yang menebar gemar banyak janji, Isep malah mengajak ibu-ibu rumah tangga mengumpulkan jelantah melalui Bank Minyak Jelantah (BMJ). Ya, jelantah, minyak goreng bekas!

Nyatanya, dengan memilih jelantah sebagai tema sosialisasinya untuk menaikkan elektabilitas, Isep mendapat respons luar biasa dari para ibu rumah tangga. Seperti yang terjadi pada Jumat (28/7) sore lalu.

Sekitar 50 orang ibu-ibu dari Majelis Taklim Al Mustaqiem di Kampung Cinangka, Desa/Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta manggut-manggut saat Isep menjelaskan tentang pentingnya pemahaman akan bahaya makanan yang digoreng menggunakan jelantah.

Idealnya, kata Isep, minyak goreng digunakan sekali atau dua kali saja. Lebih dari itu, akan berdampak terhadap kesehatan. Masalahnya, harus dikemanakan jelantah bekas menggoreng?

Jika dibuang, akan merusak lingkungan karena serapannya akan melunturkan kesuburan tanah. Dan jika dijual kepada pihak yang tak jelas, khawatir jelantah itu diproses dengan zat kimia agar kembali bening dan dijual untuk dipakai ulang untuk menggoreng.

“Solusi yang tepat adalah ibu-ibu menjadi nasabah Bank Minyak Jelantah (BMJ). Menjadi nasabah, berarti kita membantu menyehatkan lingkungan, dan meraup keuntungan yang legal,” ujar Isep.

Dikatakan legal, lantaran jelantah tersebut dipastikan bukan untuk didaur ulang, tetapi untuk bahan baku energi terbarukan bernama biodiesel. Jelantah yang terkumpul dari BMJ, di bawah tanggungjawab Asosiasi Pengumpul Jelantah Indonesia (Apajeti).

Asosiasi ini dipastikan legal. Apjeti merupakan asosiasi yang resmi dalam upaya mencegah praktik nakal orang-orang yang berniat mendaur ulang jelantah.

“Mulai sekarang, jangan buang jelantah sisa menggoreng. Jadilah nasabah BMJ, kumpulkan jelantah dan serahkan kepada agen yang ditunjuk. Kita hargai jelantah dari ibu-ibu sebesar Rp 1.000/liter. Siap?” terang Isep yang kini menjabat sebagai anggota Komisi IV DPRD Purwakarta ini. Dan para ibu pun teriak, “Siaaaap!!”

Tika, salah seorang yang hadir dalam pertemuan tersebut, mengaku tertarik dengan tawaran Isep. “Pak Isep berbeda dengan bakal calon lainnya yang lebih suka mengumbar janji. Saya siap menyemangati ibu-ibu untuk menjadi nasabah BMJ,” tutur Tika.

Seusai acara Isep menuturkan, jika kelak dipercayai masyarakat memimpin Kabupaten Purwakarta periode 2018-2023, dia ingin menyejahterakan kaum ibu melalui BMJ, “Saya siap menjadi Bupati Jelantah” tandasnya.(bes)

 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter