Kemarau Tiba, Harga Beras Naik

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews – Memasuki musim kemarau, harga beras di pasar tradisional Purwakarta mengalami kenaikan  sebesar Rp 500 - Rp 1000/kg. Kenaikan terjadi akibat produksi beras petani mengalami penurunan.

Kenaikan harga beras terjadi sejak pekan kemarin. Kemarau yang mulai melanda membuat pasokan beras dari petani berkurang hampir 50 persen.

Zaelani, salah satu pedagang beras di pasar tradisional Purwakarta menuturkan, kenaikan harga beras berakibat terhadap menurunnya omzet. Sebab, kuantitas penjualan serta merta mengalami penurunan.

Dikatakan Zaelani, sebelum terjadi kenaikan, dia biasanya mampu menjual beras sekitar 700 Kg/hari, “Namun saat ini saya hanya mampu menjual 400 Kg saja, itupun dengan keuntungan yang sangat tipis sekitar 3 persen/Kg,” katanya.

Para pedagang di pasar tradisional Purwakarta mengeluh karena selain keuntungan tipis dan  penjualan menurun, juga para pemasok beras merubah sistem pembayaran, “Jika kita ingin dipasok, maka harus bayar dimuka,” imbuh Zaelani.

Harga beras saat ini untuk terendah mencapai 9.000/Kg. Jenis medium Rp 10.500/Kg, dan kualitas 2 dengan harga Rp 11.500, sementara kualitas 1 dengan kualitas super sekitar Rp 12.500/Kg.

Kenaikan  tertinggi terjadi pada jenis beras ketan yang mencapai Rp 18.000/Kg, dari harga awal Rp 12.000. Dijelaskan Zaelani, kios miliknya biasanya dapat menyimpan stok beras untuk satu bulan, namun saat ini hanya mampu menyimpan sesuai dengan kebutuhan saja.

Dia berharap terhadap pemerintah agar segera melakukan oprasi pasar sehingga harga dan stok dapat kembali stabil.(tiso)

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter