BUMDes Sauyunan Tingkatkan Ekonomi Warga Bojong Timur 

Bagikan Berita:

PURWAKARTA, purwasukanews - Sebagai salah satu bagian dari struktur perekonomian nasional, ekonomi pedesaan memiliki potensi yang dapat dieksplorasi dan dioptimalkan dengan baik.

Potensi tersebut antara lain usaha pertanian, perikanan dan perkebunan, usaha terkait energi terbarukan, desa wisata, serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Seperti halnya di Desa Bojong Timur Kecamatan Bojong, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sauyunan hadir untuk memperpendek rantai distribusi barang, sehingga terhindar dari ulah tengkulak yang sulit dikendalikan pemerintah.

Kepala Desa Bojong Timur Dedi Junaedy mengatakan, bercermin pada potensi ekonomi desa, dia ingin mendorong sebuah paradigma baru dalam pembangunan desa, yakni membantu petani sayuran untuk memasarkan produknya melalui BUMDes Sauyunan. 

"Desa Bojong Timur memiliki potensi pertanian sayuran semua jenis, serta hampir 80 persen pekerjaan masayarakat di Desa kami ialah petani sayuran," kata Dedi, ditemui di ruangannya, Rabu (13/9). 

Dia memaparkan, ide dasar BUMDes adalah untuk menekan dominasi tengkulak yang selama ini mengontrol dan mempermainkan harga jual komoditi pertanian sayuran dan merugikan masyarakat desa.

"BUMdes memiliki keunggulan, saat petani tanam, dia akan tahu ke mana akan menjual. Kedua, ada kepastian harga," ujarnya. 

BUMDes Sauyunan akan bekerja sama dengan petani dari mulai pupuk sampai dengan pemasaran, serta memberikan bantuan permodalan tanpa bunga. 

"Alhamdulillah kita mendapat bantuan mobil pickup dari Bank Mandiri. Semoga hadirnya BUMDes dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Seperti peningkatan ekonomi dan menjadi pendapatan desa untuk PAD," pungkasnya.(gin) 

 

Tentang Purwasuka News

Purwasuka News adalah media informasi terkini dan terupdate Purwasuka yang akurat dan berimbang, menghadirkan informasi seputar Purwasuka, Jabar, Politik, Hukum, Kuliner, Ekbis, Sosok, Hobi, Feature, Opini, Gaya Hidup, Foto, dan lainnya.

Email: purwasukanewscom@yahoo.co.id
Redaksi: Kompleks Asabri C 7 No.3 Bunder, Jatiluhur Purwakarta - Jawa Barat

Facebook

Twitter

PurwasukaNews.com
Aming Diprediksi Bakal Gigit Jari https://t.co/lFc9FgXTRD
PurwasukaNews.com
Deni Ahmad Haidar Belum Tentukan Pilihan, KPUD atau Ansor https://t.co/T3U7zlXTgE
Follow PurwasukaNews.com on Twitter